Rabu, September 13

Tes CAT CPNS KemenKumHam 2017 Day 2

Di postingan kemarin, kita udah tau gimana cerita salah seorang pejuang #CPNSKemenKumHam2017 hari pertama. Sekarang, saya mau cerita tentang salah seorang teman yang kebagian tes CAT di hari kedua, Selasa 12 September 2017. 

Sebut saja Joko, kebagian tes di shift 2, berangkat dari Malang ngeBis jam 6 pagi. Sampe di Terminal Bungur, Joko melanjutkan perjalanan dengan naik ojek untuk sampai di Politeknik Pelayaran Surabaya. 

Joko baru masuk di Lokasi Tunggu Verifikasi sekitar jam 10, saat peserta ujian sesi 1 baru masuk untuk Tes CAT. Joko melalui tahap tersebut sampai di Ruang Isolasi sampai dengan jam 1 siang dalam cuaca panas dengan keadaan pilek, lapar, haus, dan nagih pengen ngasep (ngerokok). Sebenernya, Joko bekel makanan (sama rokok) di tas, tapi kan tasnya dititipin. Si Joko ini kayanya disenggol bakal mbacok deh, karena lapar bisa merubah orang~ *abaikan

Btw, hari Senin-Selasa ini yang ujian dari kelompok S-1/Dokter katanya cowok semua. Kayanya jadwalnya sengaja dipisah antara cewe sama cowo. *Harap sabar yaa Mas-mas, penghiburan liat yang bening-bening biar ga suntuk cuma bisa di Mba-mba petugas. **Soalnya kalau mau liat dedek-dedek emesh dari kelompok SMA/D-3 yang ujiannya dicampur cewe sama cowo, lokasinya beda :p

Sekitar setengah 2, ujian Joko baru dimulai. Joko merasa kehabisan waktu saat waktu ujian telah mendekati akhir. Joko baru ngeh kayanya tadi dia terlalu lama mengerjakan soal Deret Bilangan di Matematika-nya TIU. Belum lagi di soal Bahasa Indonesia-nya TIU, ada soal cerita yang dianalisis gitu. Eh Joko khusyu' banget mikirnya sampe ngelukis indah menuhin kertas burem -__- padahal kan time flies yaks ..

Kelar ujian jam 3 sore, Joko capek hati ngeliat nilai yang keluar sebagai nilai TWK, TIU, dan TKP-nya. Kenapa? Karena salah satu nilai Joko di bawah passing grade seharusnya. Nilai Joko secara berturut-turut 80, 60, dan  180. Iya, nilai TIU Joko yang 60 di bawah passing grade yang 80 ..

Joko mengaku kalau dia ga pernah belajar dulu sebelumnya, ga pernah latihan-latihan sendiri soal-soal semacam TPA (Tes Potensi Akademik) gitu. 

Selain itu, Joko juga merasa bahwa ketidaksinkronan antara otak dan badan yang lagi ga fit menjadi salah satu faktor lain yang menjadi penyebab kegagalannya. 

And i write this here, bukan untuk menjatuhkan Joko. Joko juga tau kok, makanya saya diijinkan untuk share ceritanya dia disini. Saya dan Joko berharap semoga para pejuang tes CAT #CPNSKemenKumHam2017 dapat mengambil hikmah dari cerita ini :))

*buat yang ngerasa cerita Joko ini ga utuh atau kurang lengkap, bisa baca cerita Satria di postingan sebelum ini ya ..

1 komentar:

Artha Amalia mengatakan...

Joko sial banget deh. Hehe...
Btw, ini sistem tanyanya ke mereka pakai wawancara yah? Lengkap banget indonya