Senin, September 11

Sharing Pengalaman Tips Lulus Tes CAT CPNS (2)

Setelah membuat postingan https://iamarmylia.blogspot.co.id/2017/09/sharing-pengalaman-dan-tips-lulus-cpns.html kemarin, mungkin yang baca blog bertanya-tanya, ini yang nulis siapa sih, kok sok-sok ngePost cerita begitu, hehehe. Saking semangatnya, saya sampai lupa menyampaikan ..

Saya lulusan S-1 Akuntansi dari Universitas Brawijaya. Saya termasuk yang (Alhamdulillah) lulus dari tes CPNS tahun 2014 secara tidak terduga, berkat doa Ibu πŸ˜€πŸ˜€ Saya adalah bagian dari angkatan pertama yang mengalami tes CAT (Computer Assisted Test).

Alhamdulillah, sekarang saya menjadi salah 1 PNS (ASN ya sebutannya sekarang) dari sekian ribu yang terekrut saat itu. Sudah 2 tahun lebih nih, dan sekarang saya jadi anak buahnya Bu Sri Mulyani.

Seperti yang sudah saya share sebelumnya, tes CAT yang saya alami terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit. Setelah waktu habis, di layar akan otomatis muncul nilai yang kita dapatkan untuk per bagiannya. Tes CAT ini terdiri dari 3 bagian:
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : seputar NKRI, Pancasila, UUD 1945, pasal-pasal, sejarah, dan teman-temannya.
2. Tes Intelejensi Umum (TIU) : kurang lebih kaya soal-soal Tes Potensi Akademik.
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kayanya bagian ini yang nilainya paling gede πŸ˜‚

Setiap bagian harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh, karena salah satu aja ada yang di bawah passing grade, ya sudah bisa dipastikan tidak lulus. Karena saya merasa paling nda mampu di TWK, jadi ya 80% yang saya siapkan adalah memperluas pengetahuan di bagian ini. Padahal, kalau dibandingkan dengan TIU dan TKP, TWK ini passing grade-nya paling rendah, 70 kalau ga salah nilai minimalnya saat itu.

Saya nyari pinjaman buku dari Perpus Kota di Malang (saya domisili Malang), terus saya fotokopi. 400 soal TWK dari 4 buku saya hafal di luar kepala soal dan jawaban yang benarnya. Dan ternyataaaa, ga ada 1 pun soal yang keluar 😡 Yassalam, cuma bisa berdoa aja akhirnya, wkwkwkw.

Untuk soal TIU, kalau sering ikut tes-tesan kerja, kayanya bakal ngerasa lancar jaya ngerjainnya. Kaya yang orang-orang bilang, practice makes perfect 😊

Yang soal TKP, ya tinggal ngerjain aja lah ya, hehe. Karena masing-masing dari kita terlahir unik, seharusnya ga ada jawaban benar atau salah sih. Tapi pas kemarin ditanyain salah seorang temen yang ikut tes #CPNSKemenKumHam2017 , "Jawabnya yang sesuai sama kita apa yang dirasa paling benar?". Saya bingung juga jawabnya, takut menyesatkan, hahaha. Ngikutin kata hati aja :p

Selain tips-tips yang sudah saya share di postingan sebelumnya, ini ada tips tambahan yang kiranya terlewat:
1. Belajar dengan keras sih boleh, tapi jangan pakai sistem SKS. Kalau maksain begadang, takutnya malah ngantuk pas tes πŸ˜”
2.  Cek lokasi ujian beberapa hari sebelum waktu ujian tiba. Kalau domisili di luar kota ujian seperti saya (saya ikut Tes Surabaya), berangkat lebih awal ya, jangan mepet-mepet. Biar kalau pun (sekiranya) nyasar, tetep sampai di lokasi on time.
3. Sarapan. Karena pura-pura kuat butuh energi, eaaa πŸ˜‹ Biar konsen ngerjain tesnya gitu, kan berfikir keras butuh energi, hehe..
4. Kaya kebiasaan kalau mau nonton, ke kamar mandi dulu. Daripada khawatir kebelet pengen pipis pas ujian, mending ke toilet daripada maksa keluar ruangan, bakal ngurangin waktu kita ngerjain soal. Pas jaman saya dulu malah kalau keluar dianggep udah kelar ngerjain ..

Semoga berhasil ya teman-teman. Apapun hasilnya, insya Allah yang terbaik dari Tuhan πŸ˜‰

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat malam mba, mba tahapan setelah lulus tes CPNS apalagi ya mba? Prajabatan atau ada yg lain?terima kasih ..

Unknown mengatakan...

Salam Kenal,semangat para pejuang NIP, boleh mampir ke blog saya allhamdulillah saya lulus Cpns kemenkumham 2017

Pakaianpremiumanakjamannow.blogger.com mengatakan...

Kalau liat2 farmasi yg dbutuhkan dmn y..

Unknown mengatakan...

Mbak, soal twknya susah bgt yah ? Trs kan dri 400 soal yg dihapal sama soal yg keluar gaada 1 pun yg sama ? Jadi tips buat ngerjain soal twk gimana dong mbak ? Hehe