Rabu, Oktober 18

Happy Death Day, Terbunuh Berkali-kali di Hari Ulang Tahun

Tahun 2017 ini bisa dibilang sebagai tahun di mana genre horror mendominasi box office. Film-film seperti Get Out, Split, dan IT yang belum lama ini rilis meraup keuntungan besar dari penayangannya di seluruh dunia. Tak heran, produser Jason Blum melalui Blumhouse Productions yang memproduksi The Purge dan dua film pertama yang disebutkan di atas kembali lagi dengan film horor komedi bertajuk Happy Death Day.

Cover trailer film Happy Death Day (photo source: universalpictures.com)

Rumah produksi yang identik dengan film horror low-budget seperti Paranormal Activity (2009) ini, seolah ingin merangkul pasar lebih luas lagi dengan cakupan umur yang lebih rendah, yaitu PG-13. Fyi, Blumhouse Productions selama ini sukses dengan horror atau thriller dengan rating dewasa (R di Amerika Serikat).

Ingin nonton film horor atau thriller tapi ogah trauma sehabis menontonnya? Nah, film Happy Death Day ini sepertinya cocok buat kamu. Happy Death Day merupakan film Hollywood yang disutradarai oleh Christopher Landon yang juga menulis naskah ceritanya bersama dengan Scott Lobdell. Distributor film ‘Happy Death Day’ adalah Universal Pictures. Adapun aktor dan aktris yang tampil dalam film Happy Death Day, diantaranya Jessica Rotheberg, Israel Broussard, Ruby Modine, Charles Aitken dan Laura Clifton.

Jessica Rotheberg as Tree (photo source: metacritic.com)

Happy Death Day mengisahkan tentang seorang mean girl kampus bernama Theresa "Tree" Gelbman (Jessica Rothe, muncul sebentar sebagai teman tokoh Mia di La La Land) yang bangun tidur di hari ulang tahunnya untuk kemudian dibunuh oleh pembunuh bertopeng maskot. Hal tersebut dialaminya berulang kali hingga ia mengetahui siapa yang membunuhnya.

Pembunuh bertopeng maskot (photo source: metacritic.com)

Tokoh utama yang menjalani hari yang sama berulang kali adalah premis dari film komedi legendaris Groundhog Day (1993), yang dibintangi oleh Bill Murray. Judul film ini bahkan dijadikan referensi dalam dialog Carter (Israel Broussard), teman ‘kencan’ Tree yang kamarnya menjadi lokasi di mana Tree terbangun berkali-kali setelah dibunuh.

Israel Broussard as Carter (photo source: metacritic.com)

Setelah kematian pertama dan kedua, pembunuhan Tree berubah menjadi running gag, yang diarahkan dengan apik oleh sutradara Christopher B. Landon. Apapun usaha yang dilakukannya untuk mengungkap pembunuhnya, Tree akan tetap terbunuh dengan cara yang berbeda. Namun, karena Tree menjalani hari ulang tahunnya berulang kali, beberapa penonton mungkin bisa menerka siapa pembunuh sebenarnya.

Film ini terasa seperti Groundhog Day digabung dengan seri film Scream, menyajikan ketegangan dan tawa. Banyaknya adegan dan percakapan konyol di dalamnya membuat film ini jadi fun untuk ditonton. Film ini menyajikan cerita yang lain dari yang lain, tentang bagaimana sikap seseorang bisa berdampak buruk pada hidupnya, juga bagaimana seseorang yang mencoba berubah meskipun merasa semuanya sudah terlambat. 

Sutradara Christopher B. Landon tampaknya berusaha meramu Happy Death Day menjadi tontonan ringan sekaligus menegangkan. Selama 1 jam 36 menit Anda akan dibawa pada teka teki tentang siapa yang sebenarnya sedang mengincar nyawa Tree. Sayangnya, tentang mengapa Tree mengalami mati berkali-kali dan hidup lagi tidak dijelaskan secara detail. 

Kelemahan juga terasa pada adegan yang tipikal, seperti ketika Tree berjalan menyusuri lorong gelap atau sendirian di kamar asramanya. Penonton pun baru tahu kalau Tree semakin lemah setelah berulang kali mengalami kematian, ditampilkan melalui penjelasan yang nanggung. Untuk penggemar berat film horror atau thriller, bersiaplah untuk kecewa. Untuk sebuah film dengan pembunuhan sebagai plot utamanya, Happy Death Day sangat tidak “berdarah”.
 
Film yang rilis pada hari Jumat, 13 Oktober 2017 di USA ini dapat dinikmati secara resmi  oleh penikmat film di Indonesia mulai hari ini. Untuk kamu yang ingin menonton film yang cukup menghibur tanpa berpikir terlalu keras, atau ingin mengajak saudara yang masih remaja ke bioskop, mungkin Happy Death Day bisa menjadi pilihan. Selamat menonton! 😊

Tiket nonton midnite aku .. (photo source: metacritic.com)

Tidak ada komentar: