Senin, Oktober 16

Kisi-kisi Tes Wawancara CPNS

Haii .. Apa kabar teman-teman #PejuangCPNS ? Masih pada semangat kan 😊 Terutama buat kalian yang jadi #CPNSKemenKumHam2017 , dan sudah lulus SKD, juga sudah menjalani proses SKB kaya Satria (untuk cerita SKB-nya Satria bisa dibaca di http://iamarmylia.blogspot.co.id/2017/10/skb-cpns-kemenkumham-2017.html )

Proses seleksi terakhir untuk KemenKumHam adalah Wawancara (selain Pengamatan Fisik untuk formasi tertentu). Berikut saya mau sharing pertanyaan-pertanyaan yang dulu saya alami waktu menjalani tes akhir Kementerian Keuangan dalam bentuk wawancara:

-          Ceritakan pada kami tentang diri Anda.
Sebenernya ga ada jawaban pakem sih. Tapi kamu bisa ceritakan tentang kegiatan terakhir, pendidikan, sejarah kerja, atau pengalaman kerja terakhir

-          Apa motivasi Anda menjadi PNS?
Pahami bagaimana sebenarnya kinerja PNS dan apa pekerjaannya. Lebih baik tidak menyinggung mengenai materi yang akan diterima jika menjadi PNS  

-          Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini?
Jawablah dengan keahlian / pengalaman kerja kamu yang sesuai / berhubungan dengan bidang yang kamu lamar. Jika belum punya, katakan terus terang. Katakan juga bahwa kamu memiliki keinginan untuk belajar, juga mampu menjadi pembelajar cepat

-          Apa kelebihan Anda?
Sebutkan kemampuan –kemampuan kamu yang bisa mendukung lembaga / instansi, atau bidang yang dilamar

-          Apa kelemahan Anda?
Jawablah kelemahan kamu, serta usaha yang telah kamu lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut

-          Posisi ini menuntut Anda untuk siap ditempatkan dimana saja, juga sering berpindah-pindah, apakah Anda siap melakukannya?
Kementerian dengan jumlah rekrutan besar atau banyak biasanya akan selalu seperti ini. Ada Surat Penyataan bermeterai yang menyatakan bahwa kamu siap ditempatkan dimana saja. Jadi jika kamu yakin, siapkan mentalmu dan keluargamu sebelum menjawab siap 😃

-          Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya?
Jawab dengan jujur namun singkat dan jelas, jangan menceritakan konflik pribadi dengan perusahaan sebelumnya (jika memang ada)

-          Jawaban Anda di pertanyaan sebelum ini, dapat membuat pewawancara menanyakan hal ini: “Kalau Anda dapat meninggalkan perusahaan sebelumnya karena alasan tersebut, apakah itu berarti Anda dapat meninggalkan lembaga / instansi ini dengan alasan yang sama?”
Be wise ..

-          Apa pendapat rekan kerja Anda terhadap diri Anda?
Jawablah dengan komentar yang dapat menunjang karir kamu

-          Apa target jangka panjang Anda?
Sebaiknya kamu mengetahui rencana dan target lembaga / instansi tersebut, sehingga dapat memberikan jawaban target jangka panjang kamu terkait lembaga / instansi tersebut. Namun jawaban dapat tidak terbatas pada satu hal tersebut saja

-          Apakah ada pertanyaan untuk kami?
Siapkan pertanyaan untuk menunjukkan antusiasme kamu. Dapat juga tentang deskripsi pekerjaan yang akan kamu jalani

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan saat tes wawancara, yang saat saya melakukan tes wawancara tidak ditanyakan, namun masih mungkin muncul jika saya diwawancarai oleh pewawancara yang lain. Kebagian pewawancara yang mana juga menentukan pertanyaan yang akan diajukan juga nilai yang akan didapat, banyak-banyak berdoa ya ..

-          Apa yang Anda ketahui tentang lembaga / instansi ini?
Luangkan waktu untuk berusaha mencari tahu mengenai lembaga / instansi tersebut, teknologi atau kebijakan terbaru yang dijalankan, tunjukkan juga bahwa kamu memiliki keinginan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai lembaga / instansi tersebut

-          Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan kami?
Sebutkan 3 sampai 4 hal menarik tentang lembaga / instansi tersebut, juga dengan pekerjaan yang kamu lamar

-          Mengapa Anda berpikir bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini?
Ceritakan kelebihan-kelebihan kamu, semacam jual diri-lah, in a good way ya i mean :p

-          Apakah Anda bisa bekerja dalam satu tim?
Jawablah “ya” dengan menyertakan pengalaman kamu saat bekerja sama dengan banyak orang

-          Yang mana yang Anda pilih, bekerja secara tim atau secara individu?
Akan lebih baik jika kamu dapat meyakinkan pewawancaranya bahwa kamu bagus di keduanya 😊

-          Posisi ini menuntut Anda untuk banyak melakukan perjalanan. Apakah Anda bersedia melakukannya?
Pikirkan baik-baik jawabannya ya. Lebih baik tidak menjawab “ya” jika kamu memang tidak sanggup

-          Apakah Anda siap bekerja dengan informasi minim? Apa yang Anda lakukan?
Berikan jawaban yang menunjukkan bahwa kamu mampu, juga antisipasi apa yang kamu lakukan untuk menghadapinya

-          Apakah Anda merasa diri Anda sukses?
Jawablah “ya”, ceritakan dengan singkat alasannya. Bahwa Anda telah menetapkan target hidup, dan ceritakan sebagian yang telah tercapai. Bahwa saat ini Anda telah berada di jalur yang tepat untuk meraih yang belum tercapai

-          Seberapa sukses yang Anda rasa telah Anda capai?
Berilah jawaban yang positif dan percaya diri, namun tidak berlebihan

-          Apa yang Anda lakukan saat jenuh atau stuck karena dikejar deadline?
Masing-masing punya cara untuk mengatasi hal ini. Ceritakan kebiasaanmu yang ampuh untuk mengatasinya

-          Apakah Anda pernah merasa gagal?
Jika memang iya, yakinkan bahwa kamu mampu bangkit

-          Apakah Anda sudah merasa bermanfaat dalam menjalani hidup?
Pertanyaan ini dapat memiliki konteks luas. Dapat mengenai hal-hal yang kamu lakukan untuk keluarga terdekat, atau juga lingkungan sekitar

-          Pada pekerjaan Anda sebelumnya, apa yang paling berkesan menurut Anda?
Deskripsikan hal yang kamu sukai tentang pekerjaan kamu sebelumnya, hindari menceritakan masalah pribadi

-          Apa pendapat Anda tentang bos Anda sebelumnya?
Jawablah dengan positif. Jawaban yang buruk akan membuat pewawancara kamu mengira kamu mungkin akan membicarakan hal buruk tentangnya di kemudian hari

-          Berapa gaji yang Anda harapkan?
Pertanyaan yang cukup sensitif. Mungkin dapat diakali dengan bertanya terlebih dahulu kisaran gaji untuk posisi tersebut, lalu setelah itu kamu bisa memberikan kisaran gaji yang kamu harapkan

-          Berapa lama Anda akan bergabung dengan perusahaan ini?
Kamu bisa menjawab: selama perusahaan puas dengan hasil kerja kamu


Mungkin kira-kira itu ya, semoga bisa membantu. Sekali lagi, ga ada jawaban yang sempurna. Tetaplah jadi dirimu sendiri, lakukan yang terbaik! Berdoa 😊 

1 komentar:

Kisah sukses mengatakan...

KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

(KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM )

Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.