Jumat, Juni 8

Tak berhasil mencapai cita, namun tetap bahagia


Menjadi anak pertama dalam keluarga, sudah hampir biasa bagiku menjadi tumpuan harapan orang tua. Sejak kecil, aku sudah biasa ‘diarahkan’. Aku mengikuti jalur yang dibuat oleh orang tuaku, sampai dengan pemilihan jurusan di SMA, juga pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi. 


Hingga lulus kuliah, dan hendak melamar pekerjaan, aku berusaha membuat jalanku sendiri. Orang tuaku berharap aku dapat menjadi pegawai negeri.  Namun stigma yang melekat di masyarakat tentang PNS membuatku berusaha berkelit. Aku melakukan negosiasi pada orang tuaku supaya dapat menjadi bekerja di perusahaan swasta saja. Aku mengikuti banyak Job Fair di Malang sampai Surabaya, dan bercita-cita untuk dapat bekerja di Bank Mandiri, dengan posisi ODP (Office Development Program). Menurut yang aku dengar dari rekan-rekan, juga baca-baca di internet, ODP ini dapat mempercepat karir di perusahaan untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam satu tahun, aku mencoba hingga dua kali tes untuk posisi ODP, dan gagal di tahap seleksi yang sama, tes kedua dari terakhir. 


Sempat down, karena aku begitu berharap dapat bekerja disana dengan posisi tersebut. Apalagi beberapa teman yang ikut tes dalam waktu yang sama, berhasil lanjut ke tes tahap selanjutnya, bahkan hingga diterima bekerja. Kecewa, namun akhirnya aku berusaha menerima dengan berpikir bahwa mungkin bukan disitu jalannya. Mungkin memang ga rejekiku untuk bekerja di Bank, hehe ..


Setelah itu aku melamar posisi Management Trainee (MT) di PT Trakindo Utama, salah satu distributor alat berat di Indonesia. Katanya sih, MT ini setara ODP kalau di Bank. Dengan berusaha, berdoa, dan juga ‘memaksa’ restu orang tua, Alhamdulillah aku berhasil diterima. 



Perusahaan ini yang pada akhirnya bisa membuatku bekerja keliling Indonesia. Beberapa pulau yang belum pernah kusinggahi pada akhirnya dapat kupijak. Pekanbaru di Sumatera, Balikpapan-Samarinda di Kalimantan, hingga Makassar-Manado di Sulawesi. Walau tidak sesuai dengan yang kuinginkan, tapi nyatanya jalanNya memang selalu lebih indah 💖

Tidak ada komentar: