Selasa, Mei 29

Kalau bisa di awal, kenapa harus di akhir?

Aku itu orangnya boros banget. Dari jaman sebelum nikah dulu, jaman masih single galau, susah banget buat nabung. Penghasilan yang didapat itu seringnya ya abis aja gitu, lewat doang. Terus kalau ada yang komen, biasanya kujawab "Aku udah capek-capek kerja kok, masa ga boleh nikmatin hasilnya". Hahaha, darah muda~

Setelah nikah, aku belajar untuk ngerubah mindset. Gimana engga, sekarang megang uang berdua, bukan cuma uang sendiri lagi. Yakali tiba-tiba abis gitu aja, wkwkwkw. Terus kan nikah kudu mikir masa depan juga. Karena bisa jadi nanti ga cuma berdua lagi. Akhirnya aku mulai mikir, gimana caranya supaya ga boros-boros banget gitu..

Lalu ketemukan satu cara yang cocok buat aku. Jadi, tiap kali abis gajian di awal bulan, kukeluarkan lah uang untuk 'pos-pos' wajib. Kaya apa? Misal pengeluaran rutin, dana tidak terduga, sampai yang disisihkan emang untuk ditabung. Jangan lupa, bagian untuk sedakah juga. Karena ada hak orang lain dalam penghasilan kita :)

Kenapa di awal bulan? Soalnya, kalo nunggu sisa-sisa ya kemungkinan besar ga ada, hihihi. Jadi uang yang 'tersisa' di atm plus di dompet saat awal bulan itu lah yang cukup ga cukup harus cukup buat sebulan sampai gajian berikutnya. Maklum, kerja ikut orang jadi karyawan ya gajian di tanggal 1. Kecuali tanggal 1 merah, ya mundur di hari kerja berikutnya *eaaa, tjurhat

Jadi ya gitu, aku coba nerapin. Awalnya rada gimana gitu karena ga biasa, tapi Alhamdulillah masih konsisten sampai sekarang. Kalau ada yang mau nyoba boleh loh, siapa tau cocok. Atau kalau ada yang mau sharing tips keuangan yang lain juga boleh banget! ^^


Tidak ada komentar: