Kamis, Mei 17

Maria Fatima, saudara yang beda keyakinan


Namanya Maria Fatima Henny Purwonegoro. Panggilannya Maria. Sering dikira muslim karena namanya mengandung kata ‘Fatima’. Dia tuh anaknya supel, super ramah. 


Pertama kenal sekitar tahun 2011, waktu kita sama-sama keterima MT (Management Trainee) di PT Trakindo Utama. Posisi MT ini ada pendidikan dengan sistem gugur, selama 1 tahun. Berawal dari 1 kamar waktu di asrama, kita sahabatan deket sampai sekarang. Padahal udah ga sekantor. Padahal udah LDR-an, dia di Jakarta, aku di Malang. Padahal dia Katolik, aku Islam ๐Ÿ˜€

Dulu jaman sekamar, asrama kami tuh agak jauh dari masjid, jadi kalau adzan kadang ga kedengeran. Maria ini yang suka ngingetin udah shalat apa belum. Mungkin karena waktu itu dia lagi deket sama cowok muslim, jadi peka waktu, hehehe..

Walau kita barengan ga sampai lama karena Maria ga bertahan sampai pendidikan berakhir, kita tetap keep in touch via teknologi. Mulai dari jaman BBM, Path, Instagram, sampai WA. 

Waktu aku penempatan di Manado, dia di Jakarta, dia bahkan masih ngajakin travelling bareng ke Singapura. Gara-garanya dia inget sebelumnya aku pernah cerita, kalau aku sedih karena pasporku yang udah mau hangus masa berlakunya masih kosong melompong, belum pernah dipakai, hahaha. Maria juga, yang 3 tahun lebih tua dari aku, yang ngurus segala tiket pesawat, penginapan, tiket MRT, tiket Universal Studio, sampai nuker uang dari Rupiah ke Dollar Singapore. Dia ringan tangan, easy-going, dan ga pernah pamrih.

Setelah aku resign dari kerjaan di Manado dan balik ke Malang, kita juga masih sempet main bareng ke Bromo. Kita berdua pengen banget kesana karena selama ini cuma bisa lihat fotonya via social media. Modal nekat, motoran berdua doang. Berangkat jam 5 sore, nyampe disana sekitar jam 10 malem karena nyasar, belum cari penginepan pula, hahaha .. Maria ini adalah salah satu sahabat yang ga bakal ngebiarin aku ngelakuin hal bodoh sendirian *Lol

Sempet waktu itu, sekitar tahun 2015, Maria main ke rumah aku di Malang, pas momen puasaan di bulan Ramadhan. Dia malah ga mau makan, dengan alasan menghormati aku yang puasa, terus milih makan bareng pas waktunya aku buka puasa .. 

Tiap tahun, dia ga pernah absen buat ngasih ucapan Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Bathin. Ga cuma sama aku, dia bahkan minta ngomong sama Mama sama Ayah, buat bilang hal yang sama,  kalau lagi telepon. Kemarin, 1 hari sebelum puasa, dia ngechat aku, ngucapin selamat puasa, dan ngedoain puasaku lancar. Baik banget nih Maria emang ๐Ÿ’•





Tidak ada komentar: