Jumat, Oktober 2

Tips Lolos CPNS Kementerian Keuangan

Sebagai jebolan CPNS tahun 2014, aku ingin sedikit berbagi cerita bagaimana aku dapat lolos tes CPNS Kementerian Keuangan. Terdapat 5 tahapan tes untuk dapat sampai diterima, juga tips-tips yang aku lakukan saat itu.

1. Seleksi Administrasi
2. Pengambilan nomor TPU (Tanda Peserta Ujian)
Di tahap ini sekaligus dilakukan pengecekan berkas secara fisik, seperti KTP, ijazah, transkrip, dan banyak lagi yang sesuai dengan yang disyaratkan. Datang ke lokasi menggunakan atasan putih dan bawahan hitam.
3. TKD (Tes Kompetensi Dasar)
Tes ini terdiri dari 3 macam tes, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelejensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Untuk masing-masing tesnya, aku melakukan pendekatan berbeda. Untuk TWK, aku pergi ke Perpustakaan, untuk fotokopi semua buku yang ada materi tentang negara Indonesia, seperti Pancasila, pasal dan ayat dalam UUD 1945, GBHN, menteri-menteri dalam kabinet, sejarah, dan masih banyak lagi. Saat itu, aku menghapal sekitar 400 soal dan jawaban. Walau akhirnya, tidak satupun soal yang kupelajari keluar dalam tes.
Untuk TIU aku banyak berlatih soal serupa deret angka, hitungan, juga nalar dan logika. Sedangkan untuk TKP, pilih jawaban yang paling bagus namun yang paling mendekati dirimu.
4. Psikotes
Seperti tes psikotes pada umumnya, mengerjakannya butuh ketelitian, ketepatan, juga cermat dalam waktu yang diberikan.
5. Tes Kesehatan dan Wawancara 
Tes kesehatan pada saat itu, aku diharuskan untuk shuttle run (lari seperti angka 8) juga lari 12 menit. Lari shuttle run menghitung kecepatan, sedangkan lari 12 menit menghitung jarak. 
Ketika wawancara, percaya diri adalah sebuah keharusan. Diikuti dengan senyum, sapa, salam, sopan, santun. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia. Yang ditanya seputar diri sendiri, mulai dari kelemahan dan kelebihan, keluarga, perkuliahan hingga pengalaman bekerja.

Yang terpenting adalah keyakinan, semangat, mau belajar, juga restu orang tua. Berdoa, tidak mudah menyerah, dan rajin berlatih soal secara berulang. Dengan niat yang baik, insya Allah diberikan kemudahan juga kelancaran. Semoga bisa membantu ya, see you on top!

Tidak ada komentar: